Menu Close

Perhitungan Kuda Kuda Baja Ringan yang Aman dan Akurat

Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda kuda baja ringan yang termasuk dalam struktur framework menjadi elemen penting untuk sebuah konstruksi atap bangunan. Hal ini mengingat perannya sebagai penopang beban atap sekaligus memberi bentuk atap.

Karena fungsinya yang begitu vital, perhitungan dengan menggunakan rumus kuda kuda baja ringan harus dilakukan secara tepat. Tujuannya bukan sekadar membuat atap kokoh dan tidak mudah ambruk. Tetapi juga agar prediksi kebutuhan baja ringan untuk atap bisa lebih akurat.

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Sebelum memulai menghitung kuda kuda, beberapa hal seperti ketinggian dan kemiringan atap, serta overstek perlu diketahui.

  1. Ketinggian Atap

Tinggi dari atap dihitung sebelum menentukan kuda kuda. Nilainya diperoleh melalui rumus:

½ x lebar bangunan x tangen kemiringan sudut atap

  1. Kemiringan Atap

Setelah tinggi, nilai kemiringan atap diperoleh melalui rumus sebagai berikut.

½ x lebar bangunan x cosinus sudut kemiringan

  1. Overstek

Overstek bisa diartikan sebagai bagian bangunan yang menggantung tanpa ditopang kolom/ tiang atau pun dinding. Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus:

Panjang overstek x cosinus sudut kemiringan

Contoh Perhitungan Kuda Kuda

Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung kuda kuda, maka contoh perhitungan diperlukan. Misalnya terdapat rumah berukuran 9m x 6m dengan sudut kemiringan 30 derajat. Sedangkan Panjang oversteknya adalah 1m.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung ketinggian atap dengan cara

sebagai berikut.

 T (tinggi) = ½ x 6m x tan 30 = 3m x 0,577 = 1,731m

cara menghitung kuda kuda

  • Selanjutnya, perhitungan kemiringan atap (K) dilakukan dengan cara:

K = ½ x 6m x cos 30 = 3m x 0,866 = 2,598m

cara menghitung kuda kuda baja ringan

  • Kemudian melalui panjang overstek yang diketahui bernilai 1m, maka nilai overstek didapatkan:

O = 1m x cos 30 = 1m x 0,866 = 0,866m

kuda kuda baja ringan

Melalui hasil perhitungan tersebut, maka total Panjang dari sisi sayap adalah: kemiringan + overstek = 2,598m + 0,866m = 3,464m

Perhitungan Kuda Kuda yang Akurat

Beradasarkan rumus sebelumnya, memang diperoleh nilai yang diperlukan untuk membuat kuda kuda. Namun, demi akurasi dalam pemasangan baja ringan, diperlukan program terverifikasi seperti MAXIcad.

MAXIcad merupakan sebuah program khusus yang dirancang untuk KENCANA Truss dapat menjamin keamanan dan keekonomisan struktur.

Program ini pun mampu menghitung serta merancang rangka atap bangunan dengan tingkat akurasi tinggi. Sehingga, risiko kegagalan struktur dan pemasangan dapat diminalisir.

***

Pada dasarnya, perhitungan kuda kuda baja ringan dapat dilakukan secara manual. Namun, agar lebih akurat dan struktur atap lebih aman, penggunaan program seperti MAXIcad diperlukan.

Program yang telah direkomendasikan oleh Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) tersebut selalu diterapkan dalam pemasangan KENCANA Truss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *