Menu Close

Pengertian BMT, TCT, dan Istilah-istilah Lain dalam Konstruksi Baja Ringan yang Sering Digunakan

Konstruksi Baja Ringan

Konstruksi baja ringan sangat populer dalam beberapa tahun belakangan. Berkat keunggulannya, struktur bangunan dari baja ringan telah menggeser popularitas penggunaan kayu.

Seperti diketahui, saat ini baja ringan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pembangunan, selain untuk struktur  rangka atap, juga  diperuntukkan untuk  rangka plafon, dinding, hingga lantai.

Sejak saat itulah muncul berbagai istilah yang berkaitan dengan baja ringan yang terkadang masih cukup asing. Pertanyaan tentang pengertian BMT, TCT, dan lainnya pun sering muncul.

Berikut ini adalah ulasan tentang apa itu BMT, TCT, dan istilah-istilah lain yang sering muncul di dunia baja ringan.

Profil

Profil ketika dikaitkan dengan baja ringan berarti berupa  produk barang jadi, batangan (lonjoran) dengan penampang berbentuk tertentu yang umumnya memiliki panjang.

Coating (Pelapis)

Coating adalah suatu bahan yang digunakan untuk melapisi, dalam hal ini permukaan CRC (Cold Rolled Coil) dengan bahan tertentu (Aluminium, Zinc, dan lainnya) agar tahan terhadap karat.

BMT

BMT merupakan singkatan dari Base Metal Thickness, yaitu ketebalan dasar baja sebelum dilapisi unsur Aluminium, Zinc, resin, dan bahan lainnya.

TCT

Berbeda dengan pengertian BMT. TCT (Total Coating Thickness) adalah ketebalan baja setelah diberi pelapis, dimana biasanya penambahannya sekitar 0,02mm-0,03mm dari BMT.

Jadi, setelah dihitung menggunakan mikrometer, semula dari 0,25 BMT, akan menjadi 0,27-0,28mm.

Truss

Trus dalam sebuah konstruksi secara umum adalah struktur bangunan yang hanya menerima gaya tekan dan tarik. Namun jika konteksnya adalah baja ringan, maka truss dapat diartikan sebagai rangka atap baja ringan.

Kuda Kuda Baja Ringan

Istilah dalam konstruksi baja ringan ini terkait dengan atap, yaitu susunan rangka yang berperan sebagai penopang beban sekaligus memberikan bentuk rumah. Adapun struktur kuda kuda termasuk framework (truss).

Reng

Reng/gording adalah struktur rangka atap yang letaknya di bawah atap (penutup) dan menyalurkan tekanan beban di atasnya ke struktur di bawahnya.

Top Chord (TC)

Top chord atau TC berarti adalah profil baja ringan yang berada di bagian atas kuda kuda, biasanya merupakan tempat diletakkannya reng. Adapun TC selalu mengalami gaya tekan.

Bottom Chord (BC)

Kebalikan dari TC, bottom chord artinya profil yang letaknya di bawah kuda kuda dan biasanya menjadi tempat peletakan plafon. Sementara itu, profil BC mengalami gaya tarik.

Web

Web yang biasanya menggunakan profil C merupakan penghubung antara top dan bottom chord. Fungsi utamanya untuk memperkuat dan mendistribusikan beban, sehingga semua beban pada kuda kuda dapat ditopang dengan baik.

Pengaku

Dikenal pula dengan istilah bracing, elemen ini sangat penting. Khususnya untuk seluruh struktur kuda kuda agar dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap.

Plat Cor

Plat cor juga dapat disebut sebagai floordeck/metal deck/dak lantai. Pengertian plat cor sendiri adalah plat baja yang telah diberi coating untuk kebutuhan cor dak di suatu lantai bangunan.

Plat cor sendiri menjadi alternatif pengganti sistem konvensional (biasanya menggunakan multiplek) untuk meningkat bangunan.

***

Itulah beberapa istilah dalam konstruksi baja ringan yang sering digunakan. Selain istilah, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara membedakan baja berkualitas dan yang tidak.

Selalu pastikan baja ringan yang digunakan terjamin kualitasnya. Seperti produk PT Kepuh Kencana Arum yang menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas, yaitu ZINIUM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *