Menu Close

Butuh Berapa Batang Hollow Baja Ringan untuk Rangka Plafon Rumah?

Rangka Plafon Rumah

Penggunaan hollow baja ringan dapat dikatakan lebih difokuskan pada interior bangunan, salah satunya untuk rangka plafon rumah.

Pemakaian material ini tentu sangat menguntungkan, mengingat plafon bukan hanya sebagai penambah estetika suatu ruangan. Melainkan juga untuk menahan air hujan langsung masuk ke dalam ruang jika terjadi bocor, membantu ruangan lebih kedap suara dan menahan hawa panas dari atap sehingga ruang bawah  lebih  sejuk, serta menjadi tempat diletakkannya songket lampu.

Karena perannya cukup penting, maka aplikasi hollow terutama yang terbuat dari bahan berkualitas akan membuat plafon lebih kokoh serta tahan lama. Artinya, dana tambahan untuk biaya renovasi karena material yang keropos atau lebih parahnya ambruk dapat ditekan.

Di samping itu, proses pemasangannya yang cepat dan tidak membuang banyak material jika dihitung secara tepat, juga akan lebih meminimalisir pengeluaran.

Dalam hal ini, menghitung kebutuhan hollow baja ringan untuk plafon rumah cukup penting dilakukan. Khususnya untuk Anda yang ingin memprediksi berapa banyak batang baja ringan serta dana yang perlu dipersiapkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Hollow Baja Ringan untuk Plafon

Sebelum mulai menghitung, hitung terlebih dahulu ukuran ruangan yang akan dipasang plafon. Misalnya ruangan yang akan dipasang plafon berukuran 6 x 6m. Material hollow yang digunakan berukuran 4×4 dengan panjang 4m/batang.

Ilustrasi Pemasangan Rangka Plafon Rumah
Gambar 1. Ilustrasi Pemasangan Rangka Plafon Rumah dengan Ruang Ukuran 6 x 6m

Seperti pada Gambar  1, jarak  pemasangan plafon adalah 120cm x 60cm. Selain itu, diperlukan wall angle yang dipasang mengelilingi dinding sebelum dipasang rangka hollow.

Ilustrasi Rangka Hollow Plafon Tampak Atas
Gambar 2. Ilustrasi Rangka Hollow Plafon Tampak Atas

Adapun pemasangan dilakukan memasukkan hollow ukuran 60cm dengan jarak masing-masing 120cm. Cara memasangnya adalah memotong setiap sisi hollow dengan ukuran sekitar 3,6cm menggunakan gunting baja ringan. Kemudian potong salah satu sisinya, sehingga tersisa 3 sisi.

Hollow Baja Ringan 4x4
Gambar 3. Hollow 4×4
Hollow VIVO
Gambar 4. Hollow VIVO

Buka sisi kanan dan kiri dengan sudut 90 derajat, sehingga setiap sisinya sejajar dengan hollow yang akan disambung. Pasang sekrup pada masing-masing sisi (samping dan atas, kecuali bawah karena untuk pemasangan plafon [penutup]) seperti pada Gambar 2.

Berapa Kebutuhan Hollow Baja Ringan untuk Ruang Ukuran 6 x 6 meter?

  • Kebutuhan wall angle = (6+6+6+6) = 24m. Karena setiap batang wall angle panjangnya 3m, maka diperlukan= 24m/3m= 8 batang wall angle.
  • Jumlah hollow baja ringan untuk ukuran ruang 6×6 dengan jarak 120cm adalah 4 lonjoran. Maka, kebutuhannya (meter)= jumlah lonjoran x panjang ruang= 4 x 6m= 24m. Kebutuhan hollow 4 lonjor= 24m/4m= 6 batang.
  • Untuk panjang ruangan 6 meter maka hollow harus disambung karena standart panjang hollow adalah 4 meter. Adapun untuk penyambungan, caranya dengan memasukkan batang hollow pada rongga hollow yang akan disambung sepanjang 3cm .
  • Jadi, hollow yang dibutuhkan total menjadi 8 batang hollow 4×4.
  • Sisa potongan sepanjang 1.97 meter dapat digunakan untuk hollow jarak 60cm. ( 1,97m x 4 batang = 7,88 m, dipotong 60cm= 7,88/60= 13 batang 60cm atau 2 hollow 4×4).
  • Jumlah hollow jarak 60cm (0,6m) adalah 9 baris. Kebutuhannya= jumlah baris x panjang ruang= 9 x 6m= 54m. Maka dibutuhkan 54m/4m= 13,5 atau dibulatkan menjadi 14 batang hollow 4×4
  • Jadi 14 batang-2 batang = 12 batang.
  • Jumlah suspension rod atau gantungan pada setiap titik pertemuan adalah 11 x 5 = 55 gantungan. Dengan masing-masing panjang 30cm dari kuda kuda atap, maka= 55 x 30cm= 1650cm (16,5m). Kebutuhan hollow baja ringan untuk gantungan= 16,5m/4m= 4,125 atau 5 batang hollow 2x4cm/bisa pakai wall angle 6 batang.

Kesimpulan

Berdasarkan penghitungan di atas, jika ruangan berukuran 6 x 6 m dipasang plafon, maka total kebutuhan hollow baja ringan 4×4 adalah 20 batang hollow 4×4 dan hollow 2×4 5 batang /wall angle 6 batang , Selain itu, dibutuhkan pula 8 batang wall angle.

Mengingat plafon juga merupakan bagian penting dari rumah, pastikan untuk memilih material berkualitas. Seperti hollow baja ringan KENCANA maupun hollow baja ringan VIVO produksi PT Kepuh Kencana Arum (KKA) yang sudah puluhan tahun berkomitmen untuk memproduksi produk berkualitas.

Selain untuk kebutuhan plafon rumah, KKA yang menggunakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas, yaitu ZINIUM, juga berinovasi dalam memproduksi rangka atap, partisi, genteng gelombang, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *