Menu Close

Rak Bunga dari Baja Ringan, Solusi Cerdas Kurangi Eksploitasi Kayu

rak bunga dari baja ringan

Rak bunga dari baja ringan dapat dikatakan kini semakin diminati, karena bukan hanya memiliki tampilan menarik. Tetapi juga cenderung lebih awet, jika dibandingkan ketika material kayu sebagai bahan pembuatnya.

Terkait hal tersebut, kenapa baja ringan lebih awet atau memiliki tingkat durability (daya tahan) tinggi? Ternyata ini karena baja ringan memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut.

  • Tahan korosi (karat), karena terbuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS).
  • Anti rayap.
  • Tidak merambatkan api.
  • Memiliki kekuatan tarik yang baik, yaitu berkisar 550 Mpa, sehingga tidak mudah patah.

Di samping itu, penggunaan baja ringan untuk pembuatan rak bunga juga dapat dikatakan menjadi salah satu solusi mengatasi eksploitasi kayu.

Mengapa Baja Ringan Jadi Solusi untuk Atasi Eksploitasi Kayu?

Tidak dapat dipungkiri, sejak dulu memang dimanfaatkan manusia untuk berbagai kebutuhan, termasuk sebagai bahan bangunan. Namun seiring perubahan zaman, pertambahan jumlah penduduk serta perkembangan teknologi turut memengaruhi permintaan kayu.

Demi memuhi kebutuhan itu, penebangan hutan pun dilakukan secara terus menerus. Bahkan, penebangan pohon secara illegal (illegal loging) yang masih menjadi isu global pun dilakukan. Akibatnya, semakin lama persediaan pohon sebagai sumber dari material kayu akan menipis.

Di sinilah peran baja ringan dibutuhkan. Tak hanya lebih awet jika dibandingkan dengan kayu. Baja ringan pun dapat didaur ulang setelah masa pakainya berakhir.

Hal ini berarti rak bunga dari baja ringan juga dapat membantu mengurangi eksploitasi kayu.

Tips Jadikan Rak Bunga Baja Ringan Semakin Awet

Pembuatan rak bunga dari baja ringan dapat memanfaatkan kanal C, reng, maupun hollow 4×4. Selain itu, beberapa bahan dan alat lain yang dibutuhkan adalah gerinda, gunting baja ringan, baut baja ringan, bor listrik, hingga meteran.

rak bunga
Rak Bunga dari Kanal C (Sumber: instagram.com/jayantara_niaga/)

Adapun penggunaan kanal C, reng, danĀ  hollow baja ringan untuk rak bunga akan lebih efisien terhadap:

  • Waktu (pengerjaan cepat);
  • Biaya (pengeluaran lebih dapat diminimalisir/ekonomis);
  • Tidak perlu dilapisi atau dicat lagi;
  • Tahan karat, dan lain sebagainya.

Agar rak bunga awet dan tampak baru lebih lama, pemilihan material baja ringan dengan mutu dan kualitas terjamin adalah salah satu tips yang perlu diterapkan.

Seperti penggunaan baja ringan yang diproduksi oleh PT Kepuh Kencana Arum (KKA). Sebagai roll former yang telah didirikan sejak puluhan tahun lalu, KKA selalu menyediakan produk berkualitas dengan merek KENCANA, VIVO, dan yang terbaru adalah KEPUH.

Karena menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ZINIUMĀ® yang sudah ber-SNI, artinya produk baja ringan PT Kepuh Kencana Arum sudah terjamin kualitasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *