Menu Close

Atap Baja Ringan Berisik Saat Diterpa Angin Bahaya? Ini Faktanya!

Aplikasi Rangka Atap dari VIVO Baja Ringan, Salah Satu Produk KKA

Kekhawatiran masyarakat saat baja ringan sering bunyi tidak bisa dihindari. Terlebih jika suara itu datang berkali-kali saat cuaca mulai berangin.

Walau baja ringan dikenal sebagai produk yang tahan korosi dan kokoh, masih ada rasa takut jika sewaktu-waktu bangunan yang menggunakan material ini ambruk. Lantas, apakah spekulasi ini benar?

Faktor Penyebab Atap Baja Ringan Bunyi

Penyebab atap baja ringan mengeluarkan suara di antaranya karena pemuaian dan terpaan angin. Bunyi karena pemuaian jarang dikeluhkan banyak orang. Terlebih jika mereka menggunakan material berkualitas dan pemasangannya sudah benar.

Sementara bunyi karena terpaan angin membuat tak sedikit masyarakat khawatir jika menggunakan baja ringan sebagai material atapnya.

Seperti diketahui, bobot baja ringan tidak berat. Jika penggunaan baut kurang dari standar serta pemasangan atap secara keseluruhan tak terpasang dengan benar, atap lebih mudah mengeluarkan suara berisik. Bahkan saat ada hujan yang disertai angin kencang, potensi atap terbawa angin lebih besar.

Baca juga: Baja Ringan Lengkung untuk Atap, Jadikan Bangunan Kian Artistik

Solusi Cegah Atap Berisik Saat Angin

Bunyi pada atap baja ringan sebenarnya bukan masalah besar selama pemasangannya dilakukan dengan benar. Pastikan pula letak dan jumlah baut yang terpasang juga seharusnya sesuai standar.

Solusi lain untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan, seperti bangunan ambruk adalah dengan menggunakan jasa aplikator terpercaya untuk pemasangan atap baja ringan (memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP).

Di samping itu, gunakan material baja ringan terjamin kualitas dan mutunya. Seperti baja ringan yang diproduksi oleh PT Kepuh Kencana Arum (KKA).

Berbahan ZINIUM®, produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-SNI dan bergaransi, baja ringan KKA lebih kokoh, tahan korosi, serta mencegah atap ambruk apabila pemasangan dilakukan sesuai standar.

Bahkan, PT KKA juga memberi fasilitas penghitungan struktur rangka atap secara gratis dengan menggunakan program/software MAXIcad yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI).

***

Ingin tahu tentang produk PT KKA dan segala fasilitas yang diberikan? Hubungi HALO KENCANA di nomor 0811 3115 8000 atau VIVO KRING di nomor (031) 9921 0099.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!