Menu Close

Cara Memilih Produk Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan

Memilih atap baja ringan yang berkualitas, ketika semakin menjamurnya toko bangunan yang menjual material tersebut memang tidak mudah.

Terlebih lagi bagi masyarakat awam atau bahkan praktisi konstruksi yang kurang memahami tentang produk baja ringan.

Sebenarnya aplikator baja ringan dapat membagi informasi terkait produk mana yang berkualitas atau kurang. Tetapi terkadang masih ada oknum yang justru memberikan kesan harga murah pada produk atau jasa yang ditawarkan, tanpa menjelaskan konsekuensi apa yang akan terjadi jika menggunakannya.

Di sinilah pentingnya informasi tertulis tentang bagaimana cara memilih produk atap baja ringan yang berkualitas, seperti ulasan berikut.

Tebal dan Massa Lapisan Tahan Karat

Kekokohan dan tingkat keawetan atap baja ringan dapat dikatakan berkaitan dengan tebal dan massa lapisan tahan karat (coating) yang dimilikinya.

Untuk atap, pastikan bahan yang digunakan memiliki ketebalan baja dasar Base Metal Thickness (BMT) antara 0,20-0,45 mm.

Sementara massa lapisan Aluminium Seng minimal untuk atap adalah AS 70. Pastikan produk yang dipilih sudah memiliki label SNI 4096 ; 2007 (SNI material / SNI standar produk BjLAS [Baja Lapis Aluminium Seng]).

Tegangan Tarikan

Meskipun tidak menahan beban seperti rangka, namun tegangan tarikan pada atap (penutup) pelru diperhatikan.

Setidaknya, tegangan tarikan atap harus memenuhi standar, yaitu minimal memiliki grade G300  dan G550. Artinya, nilai tegangan tarikan material tersebut adalah 300 Mpa dan 550 Mpa.

Keamanan dan Kenyamanan

Sebagai salah satu elemen penting pada bangunan, keamanan dan kenyamanan tentu harus dipertimbangkan ketika memilih atap baja ringan.

Dalam hal ini, adanya sistem tumpangan (overlapping) yang saling mengunci dengan sempurna pada atap akan mendukung keamanan dan kenyamanan penghuni bangunan.

Selain itu, sebaiknya atap (penutup) juga dilengkapi dengan alur-alur pengaman, sehingga kebocoran dapat dicegah.

Keindahan

Tidak hanya berperan sebagai pelindung dari panas maupun hujan. Atap juga bagian dari fasad rumah, sehingga tampilannya perlu diperhatikan.

Pastikan material atap yang digunakan ketahanan terhadap korosi dan karatnya bagus, sehingga tampak baru lebih lama. Profil atap yang tersedia dengan beragam model pun dapat dipertimbangkan.

***

Ada beberapa cara dalam memilih atap baja ringan. Yaitu dari segi ketebalan, massa lapisan penahan karat, tegangan tarik minimum, keamanan dan kenyamanan, hingga estetika.

Berdasarkan hal tersebut PT. Kepuh Kencana Arum sebagai produsen baja ringan terbaik di Indonesia menjamin ketersediaan produk dengan beragam keunggulan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *