Menu Close

Cara Memilih Produk Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan yang semakin populer dan banyak diminati masyarakat, membuat produk ini semakin membanjiri pasar dengan beragam kualitas. Hal inilah yang sering kali menyebabkan konsumen cenderung sulit memilih rangka atap dengan material yang berkualitas.

Terlebih lagi, rangka atap merupakan bagian penting dari rumah perlu menggunakan material dengan mutu dan kualitas terjamin. Tujuannya untuk menghindari berbagai risiko, seperti atap ambruk atau peristiwa lain yang membahayakan dan merugikan penghuni bangunan.

Lantas, bagaimana cara memilih produk rangka atap baja ringan yang tepat? Berikut ini beberapa tips / saran yang perlu diperhatikan.

Massa Lapisan Tahan Karat

Pastikan dalam memilih / membeli produk rangka atap baja ringan bertuliskan SNI 4096 : 2007 (SNI material / SNI standart produk BjLAS / Baja Lapis Aluminium Seng) dan ada  kode massa lapisan Aluminium Seng ( AS ) baik  AS 70 dan  AS 100.  Komposisi BjLAS (Baja lapis Aluminium Seng)  adalah  50% Aluminium, 43,5 % Seng , 1,5 % Silicon. 

Pastikan juga rangka atap baja ringan yang dipilih bertuliskan SNI 8399 : 2017 (SNI produk). Adapun untuk produk tersebut, terutama yang sudah ber-SNI wajib minimal menggunakan massa lapisan Aluminium Seng / AS 100.

Rangka Baja Ringan SNI
Label SNI pada Baja Ringan (dok. PT. KKA)

Massa lapisan AS 100  adalah  massa / berat  campuran aluminium seng 100 gram  yang dilapiskan pada 2 sisi sebuah  lembaran plat baja berukuran 1 meter persegi. Dimana masing-masing sisi dilapisi 50 gram Aluminium Seng.

Perlu diketahui, lapisan pelindung Aluminium Seng tersebut akan memberikan perlindungan dari karat 4 kali lebih baik daripada baja ringan berlapis Zinc (galvanis) saja.

Semakin tebal massa lapisan AS, maka ketahanannya terhadap karat lebih lama. Bahkan, dapat bertahan antara 10 sampai 40 tahun.

Pemilihan baja ringan berdasarkan ketebalan massa lapisan tahan karatnya pun perlu disesuaikan dengan lokasi dan fungsi bangunan.

Artinya, jika lokasi bangunan berada di wilayah dengan risiko karat tinggi seperti dekat pantai atau daerah industri, sebaiknya gunakan material dengan massa lapisan AS yang lebih berat.

Namun jika bangunan berada di area dengan kondisi dan tingkat kelembapan normal, maka cukup menggunakan baja ringan dengan massa lapisan AS 100.

Ketebalan Baja Ringan

Pastikan ketebalan baja ringan yang tertera pada produk  sesuai dengan ketentuan SNI 8399 : 2017 (SNI produk). Selain itu, jika diukur ketebalannya dengan menggunakan alat ukur mikrometer (analog  atau digital) yang dapat mengukur kebetalan di bawah 1 milimeter ini, hasilnya sesuai.

Profil baja ringan yang digunakan untuk rangka atap umumnya adalah kanal C dan reng. Biasanya, ketebalan kanal C yaitu 0,60 mm, 0,70 mm, 0,75 mm, dan 1 mm. Masing-masing memiliki fungsi yang sama untuk struktur / rangka atap atau kuda-kuda atap.

Adapun dalam penggunaan ketebalan pada struktur kuda-kuda harus dihitung terlebih dahulu dengan menggunakan software atau program struktur kuda-kuda yang sudah diakui atau direfrensikan oleh HAKI (Himpunan Ahli Kontruksi Indonesia).

Untuk reng baja ringan, umumnya memiliki tebal 0,45 mm dengan tinggi profil (top hat) mulai dari 25 mm sampai 40 mm. Reng ini berfungsi untuk tumpuan / meletakkan atap.

Tegangan Tarikan

Setidaknya, jenis rangka atap baja ringan yang dipilih memenuhi standar G550. Hal ini berarti material tersebut memiliki nilai tegangan tarikan yang baik, yaitu  minimal 550 Mpa. Sehingga terbukti lebih kokoh dalam menopang beban.

Standar SNI dan Garansi

Pastikan mutu dan kualitas material rangka atap baja ringan sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan kode SNI 8399:2017.

Standar SNI menjadi penentu dimensi atau ukuran  produk, ketebalan produk dan  terutama dalam hal pelapis yang terdiri dari Aluminium (Al), Zinc (Zn), dan unsur-unsur lainnya.

Sementara itu konsumen dapat terhindar dari kerugian dengan diberikannya  garansi produk karena menggunakan produk yang ber-SNI.

***

Pada dasarnya, rangka atap yang merupakan bagian penting dari suatu bangunan perlu material berkualitas untuk meminimalisir terjadinya risiko.

Ada beberapa cara memilih rangka atap baja ringan, baik dari segi massa lapisan tahan karat, ketebalan material, tegangan tarikan, serta adanya label SNI dan garansi.

Kepuh Kencana Arum sebagai salah satu roll former baja ringan terbaik di tanah air menjamin ketersediaan produk dengan keunggulan-keunggulan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *