Menu Close

Cara Pasang Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda kuda baja ringan bukan hanya memberikan bentuk pada atap bangunan. Selain sebagai penyangga utama struktur atap, bagian ini juga berfungsi untuk menopang beban atap sekaligus beratnya sendiri.

Itulah mengapa, agar memiliki struktur yang kuat, pemasangan kuda kuda di atas untuk struktur pendukungnya (kolom utama, praktis & ring balok) harus dilakukan dengan benar.

Guna meminimalisir risiko ambruknya atap, berikut ini adalah cara pasang kuda kuda baja ringan yang tepat.

Tahap Awal Pasang Kuda Kuda Baja Ringan

Pada langkah awal ini, proses pengangkatan kuda kuda adalah salah satu hal penting untuk menghindari kerusakan. Kemudian dilakukan tahap-tahap lanjutan seperti berikut.

  • Sesuai dengan gambar kerja, pasang kuda kuda sesuai dengan nomor urutan menumpu di atas ring balok (wall-plate)
  • Pastikan posisi kiri dan kanan (L-R) kuda kuda tidak terbalik. Penentuan masing-masing sisi tersebut dilakukan dengan acuan posisi saat pekerja melihat kuda-kuda, dimana mulut web
Pasang Kuda Kuda Baja Ringan
Cara Pasang Kuda Kuda Baja Ringan (Sumber: Builder.id)

dapat dilihat oleh pekerja. Bagian kiri pekerja disebut sisi kiri, sementara sebelah kanan adalah sisi kanan.

  • Kuda Kuda Baja Ringan
    Kuda Kuda Baja Ringan (Sumber: Pemborong.id)

    Lakukan kontrol posisi berdirinya kuda kuda harus tegak lurus diatas ring balok menggunakan benang dan lot (unting-unting).

  • Kencangkan kuda kuda dengan kanal c pada tepi Ring balok menggunakan 4 dynabolt.
  • Cara Pasang Kuda Kuda Baja Ringan
    Pengencangan Dynabolt (Sumber: Kepuh Kencana Arum)

    Kencangkan lagi plat L dengan ring balok menggunakan dynabolt. Kemudian tambahkan balok penopang sementara untuk menghindari perubahan posisi kuda kuda.

Tahap Lanjutan

Langkah ini dilakukan dengan mengulangi tahap awal hingga semua kuda kuda terpasang, sesuai dengan posisi seperti di gambar kerja. Selanjutnya, proses berikut ini dilakukan.

  • Lakukan pemeriksaan ulang pada jarak kuda kuda dari as ke as (maksimal 1,2 meter).
  • Periksa kedataran (levelling) semua puncak kuda kuda (apex). Lalu pastikan pula garis nok memiliki ketinggian yang sama.
  • Pasang nok balok. Kemudian pasang bracing (pengikat) di atas top-chord dan di bawah reng sebagai penguat.
  • Pasang aluminium foil di atas truss, jurai, dan
  • Pasang reng dengan jarak sesuai jenis atap (penutup) yang digunakan. Lalu ikat setiap pertemuan reng dan kuda kuda menggunakan screw ukuran 10-16 x 16 (2 buah).
  • Pasang outrigger (gording tambahan setelah kuda kuda terakhir yang menopang ringbalk). Pada jenis atap pelana, pemasangan outrigger adalah sebagai overhang yang panjangnya maksimal 120 cm dari kuda kuda terluar.
  • Pasang ceiling battens yang jaraknya 120 cm pada permukaan bagian atas bottom chord kuda kuda dan rekatkan dengan Adapun pertemuan ceiling battens dan ring balok diberi bantalan bracket yang diikat dengan 2 dynabolt.

Tahap Akhir Pasang Kuda Kuda Baja Ringan

Pada langkah ini dilakukan pemasangan atap (penutup). Berikut proses yang perlu dilakukan.

  • Periksa ulang pemasangan kuda kuda yang telah dilakukan sebelumnya. Apakah sudah sesuai dengan gambar kerja, kedataran nok atau pun sisi atap, serta pastikan support overhang terpasang dengan benar.
  • Tentukan reng sesuai jenis atap. Jarak reng juga harus sesuai, dan lanjutkan dengan menyambungkannya menggunakan screw 10-16 x 16 HEX.
  • Pasang satu jalur penutup lebih dulu dari bawah ke atas. Lakukan dengan lurus dan rapi agar polanya tidak berkelok.

***

Itulah cara pasang kuda kuda baja ringan yang benar berdasarkan materi pelatihan berbasis kompetensi bidang konstruksi sub bidang sipil.

Pada dasarnya, pemasangan kuda kuda yang tepat menjadi hal penting agar atap bangunan lebih kokoh.

Namun di samping itu, penggunaan material berkualitas juga ikut mempengaruhi. PT. Kepuh Kencana Arum, salah satu produsen baja ringan terbaik di tanah air menjamin produk yang dihasilkannya bermutu dengan adanya label SNI dan garansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *