Menu Close

Jangan Ngasal, Begini Cara Menyimpan Atap Baja Ringan yang Benar dan Aman dari Karat

Atap Lengkung Baja Ringan KENCANA

Cara menyimpan atap baja ringan tidak bisa asal, walau material ini dikenal memiliki ketahanan karat yang bagus. Karena bagaimana pun, baja ringan bukannya material yang ‘anti’ karat. Sebaliknya, bahan bangunan ini masih bisa mengalami proses oksidasi, terutama jika coating yang berupa Aluminium-Zinc terkelupas.

Lantas, bagaimana cara tepat dalam menyimpan atap baja ringan, terutama sebelum material tersebut digunakan?

Cara Menyimpan Atap Baja Ringan

Berikut ini adalah trik penyimpanan material atap baja ringan sebelum dipasang untuk bangunan.

  1. Pastikan atap baja ringan tidak menyentuh lantai atau tanah dengan cara meletakkannya di atas ganjalan kayu.
  2. Tumpukan kayu tidak diletakkan dengan posisi datar, melainkan dimiringkan dengan sudut 10 sampai 15 derajat. Tujuannya jika ada air di permukaan atap, akan lebih mudah dialirkan.
  3. Tutup atap baja ringan dari ujung ke ujung dengan terpal.
Cara Menyimpan Atap Baja Ringan
Penyimpanan Atap Baja Ringan (dok. KENCANA Group)

Tips Memaksimalkan Penyimpanan Baja Ringan

Selain memerhatikan cara menyimpan, menghindari penyebab karat juga penting dilakukan agar material lebih awet.

Terkait hal ini, berikut faktor yang perlu dihindari agar coating tidak mudah terkelupas, dan proses oksidasi dapat dicegah.

  • Goresan yang bisa terjadi karena alat kerja, sehingga membuatcoating baja ringan terbuka dan bersinggungan langsung dengan oksigen. Hal inilah yang dapat mempercepat proses oksidasi penyebab karat.
  • Larutan Asam. Larutan yang sifatnya asam seperti cairan pembersih lantai sangat reaktif saat bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Akhirnya,coating akan mengelupas dan terjadilah proses oksidasi.
  • Air Semen. Air semenyang menempel pada permukaan baja ringan menyebabkan proses kimia merusak coating, sehingga berisiko menimbulkan karat.
  • Genangan air. Genangan air di permukaan baja ringan akan membuat coating terbuka, yang akan menimbulkan karat.

Baca juga: Kandang dari Baja Ringan, Ide Bisnis yang Bisa Datangkan Cuan

***

Pada dasarnya, cara menyimpan atap baja ringan menjadi hal penting untuk diperhatikan, agar usia material lebih panjang. Di samping juga memastikan baja ringan terhindar dari goresan, larutan asam, air semen, hingga genangan air.

Selain itu, pemilihan material pun perlu dipertimbangkan. Pastikan untuk selalu menggunakan baja ringan dengan ketebalan coating dan BMT-nya sudah pasti.

Seprti atap baja ringan produk PT Kepuh Kencana Arum yang memiliki ketebalan pasti serta menggunakan material BjLAS ber-SNI No. 4096:2007/2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *