Menu Close

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Kanal C, Reng, dan Hollow Baja Ringan

Perbedaan Kanal C Reng Hollow Baja Ringan

Kanal C, reng, dan hollow baja ringan adalah material yang sering digunakan dalam pembangunan, baik untuk kebutuhan rangka atap atap hingga rangka plafon rumah.

Walau sebagian tidak asing dengan ketiganya, namun masih ada pula yang belum mengetahui perbedaan kanal C, reng, dan hollow baja ringan.

Selain bentuk dan ukuran, fungsi masing-masing jenis baja ringan tersebut dalam suatu bangunan pun tidak sama. Apa saja itu?

Kanal C Baja Ringan

Kanal C Baja Ringan
Kanal C Baja Ringan

Seperti namanya, material ini memiliki bentuk mirip huruf C. Ukuran standar panjangnya mencapai 6 meter, lebarnya 75mm- 80mm, dan biasanya memiliki ketebalan mulai dari 0,6mm hingga 1mm.

Profil C ini umumnya digunakan untuk konstruksi atap atau kuda kuda. Namun tidak menutup kemungkinan juga dimanfaatkan sebagai tiang untuk bangunan yang bebannya tidak terlalu berat, contohnya kanopi. Kreasi baja ringan yang lainnya pun dapat dibuat dari kanal C, misalnya seperti rak bunga, kandang kucing, kursi, dan lainnya.

Reng Baja Ringan

Reng Asimetris Baja Ringan
Reng Asimetris Baja Ringan

Tidak kalah penting dari kanal C, reng baja ringan pun berperan penting dalam konstruksi atap. Biasanya, komponen yang panjangnya mencapai 6 meter ini digunakan sebagai tumpuan dari atap (penutup).

Bentuk baja ringan reng sendiri umumnya ada dua macam, yaitu simetris dan asimetris. Reng simetris memiliki dua sisi miring. Sementara reng asimetris (seperti gambar di atas) mempunyai satu sisi miring dan satu satu sisi dengan sudut 90 derajat.

Baca juga: Berapa Batang Kebutuhan Rangka Baja Ringan untuk Atap Pelana Rumah Type 36?

Hollow Baja Ringan

Hollow Baja Ringan
Hollow Baja Ringan

Komponen ini umumnya digunakan untuk kebutuhan interior, seperti rangka plafon. Hollow baja ringan memiliki beragam keunggulan, seperti:

  • Tahan korosi
  • Tahan rayap
  • Kuat meski ringan
  • Pemasangannya praktis dan cepat
  • Tidak merambatkan api

Baja ringan hollow panjangnya 4 meter. Selain itu, terdapat banyak varian yang beredar di pasaran, di antaranya 20 x 40 mm, 40 x 40 mm,  14 x 36 mm, 36 x 36 mm, 15 x 30 mm, 30 x 30 mm.

***

Itulah perbedaan kanal C, reng, dan hollow baja ringan berdasarkan bentuk, ukuran, serta fungsinya untuk bangunan.

Mengingat ketiganya memiliki peranan cukup krusial, baik sebagai struktur utama bangunan (rangka atap) maupun non-struktural (rangka plafon), penting untuk mempertimbangkan dalam memilih produk.

Seperti meggunakan baja ringan produksi PT Kepuh Kencana Arum (KKA), roll former yang telah dipercaya menyediakan material berkualitas selama hampir 30 tahun.

Tak hanya itu, produk KKA juga menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ZINIUM® yang terjamin mutu dan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!