Menu Close

Struktur Atap Baja Ringan Terdiri dari Apa Saja?

Struktur Atap Baja Ringan

Struktur atap baja ringan terdiri dari beberapa komponen. Fungsinya bukan hanya sebagai pemberi bentuk atap, melainkan juga untuk menopang seluruh beban di atasnya, termasuk atap (penutup).

Mengingat fungsinya yang cukup krusial, penting untuk mengetahui komponen-komponen yang termasuk di dalamnya. Sehingga tak ada lagi anggapan bahwa struktur atap baja ringan dan kayu adalah sama.

Karena berbeda dari kayu, susunan rangka atap baja ringan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan yang membuatnya tetap kokoh saat dalam menopang beban.

Struktur Atap Baja Ringan

Bukan hanya sekadar jajaran lonjoran baja ringan, susunan struktur atap material ini terdiri dari:

  1. Kuda Kuda Baja Ringan

Rangka Atap Baja RinganBagian ini fungsinya sebagai material struktural yang mampu menahan berat sendiri, bobot atap (penutup), serta beban hidup lainnya. Ada beberapa komponen penyusun kuda kuda baja ringan, yaitu:

  • Top Chord:Berada di bagian atas kuda kuda, fungsi komponen ini sebagai tempat diletakkannya reng.
  • Bottom Chord:Profil yang mengalami gaya tarik ini letaknya di bawah kuda kuda dan biasanya menjadi tempat plafon serta penggantungnya.
  • Web: Sebagai penghubung top dan bottom chord, fungsi utama web adalah untuk memperkuat kuda kuda menopang beban dengan baik.
  1. Murplat/ Top Plate

Murplat digunakan sebagai dudukan kuda kuda untuk membentuk atap serta membuat sistem kuda kuda baja ringan menjadi satu kesatuan yang kuat.

  1. Bracing

Struktur AtapBracing merupakan pengaku atau pengikat pada struktur atap baja ringan, yang terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Top Chord Bracing: Fungsinya sebagai pengaku batang tekan yang terletak di atas kuda kuda dan biasanya merupakan tempat peletakan reng.
  • Bottom Chord Bracing: Berfungsi sebagai pengaku batang tarik, letaknya di bawah kuda kuda dan biasanya untuk tempat peletakan rangka plafon dan plafon.
  • Diagonal Web Bracing:Fungsinya untuk mendistribusikan beban dan memperkuat kuda kuda. Selain itu, diagonal web bracing menjadi penghubung antara top chord dan bottom chord serta meneruskan gaya dari laterial tie.
  • Laterial Tie: Fungsinyauntuk mengurangi panjang tekuk web tekan.

Baca juga: Jurai Terlalu Banyak Bikin Atap Baja Ringan Rawan Bocor?

  1. Reng

Reng berfungsi sebagai dudukan penutup atap. Pemasangan komponen ini melintang di atas Top Chord dengan jarak tertentu atau sesuai dengan jenis atap (penutup) yang digunakan.

  1. Nok (Jurai Luar)

Nok AtapJurai luar adalah bagian puncak atap yang berawal dari garis tiris atap sampai bubungan. Aksesoris atap ini juga dapat diartikan sebagai pertemuan dua bidang atap bangunan dengan sudut mengarah ke luar. Fungsinya untuk menutupi celah pertemuan dua lembar atap, mencegah terjadinya kebocoran, di samping juga menambahkan kesan rapi pada bangunan atap.

  1. Talang (Jurai Dalam)

Talang AtapKomponen ini letaknya dari garis tiris atap hingga bubungan, serta ada di pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan ke dalam. Mirip dengan nok, talang berfungsi untuk menutupi celah pertemuan dua sisi atap, sehingga meminimalisir risiko kebocoran. Selain itu, komponen ini juga dapat digunakan untuk jalan bagi air hujan agar mengalir ke bawah.

***

Itulah bagian-bagian dari struktur atap baja ringan yang masing-masing memiliki fungsi penting. Oleh karena itu, pemilihan material juga harus dipertimbangkan. Seperti produk yang diproduksi oleh PT Kepuh Kencana Arum, roll former yang telah dipercaya penggunanya selama lebih dari 30 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!