Menu Close

Apakah Atap Baja Ringan Bikin HP Susah Dapat Sinyal? Ini Faktanya!

HP Susah Sinyal

Handphone (HP) susah mendapatkan sinyal cukup menyusahkan di zaman sekarang. Terlebih, saat ini nyaris seluruh masyarakat menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi.

Di sisi lain, penggunaan atap baja ringan untuk rumah juga cukup masif. Hal ini mengingat baja ringan dikenal memiliki beragam kelebihan, seperti kokoh, durabilitasnya tinggi, tahan karat, serta ekonomis.

Berdasarkan kedua topik tersebut, artinya baik baja ringan serta sinyal HP sama-sama dibutuhkan saat ini. Masalahnya, muncul pertanyaan tentang apakah penggunaan atap baja ringan akan membuat HP susah sinyal?

Penjelasan berikut ini akan menjawab pertanyana tersebut. Sebab baik pemilik bangunan yang sudah menggunakan atap baja ringan atau orang-orang yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan material tersebut, memahami pengaruh baja ringan terhadap ponsel cukup penting.

Apa Hubungan Sinyal HP dan Atap Baja Ringan?

Sinyal HP yang berupa frekuensi radio, bisa saja terpengaruh dengan penggunaan atap baja ringan atau justru sebaliknya.

Ilustrasi HP Kehilangan Sinyal
Ilustrasi HP Kehilangan Sinyal

Salah satu alasannya berkaitan dengan jauh dekatnya Base Transceiver Station (BTS) dari rumah. Semakin dekat BTS dari rumah, maka kekuatan sinyal HP akan berkurang, bahkan berisiko kehilangan sinyal. Sebab, dilasir dari laman Britannica, gelombang radio tidak bisa melewati konduktor listrik seperti air dan logam.

Berbeda jika BTS dekat dari rumah, kekuatan sinyal akan lebih bagus. Sehingga keberadaan atap baja ringan relatif tidak mengganggu sinyal HP. Kalau pun mengganggu, pengurangan sinyal yang diterima hanya sedikit, jadi bisa dianggap tidak berpengaruh.

Baca juga: Jenis Atap Baja Ringan Seperti Apa yang Cocok untuk Area Curah Hujan Tinggi?

Tips Sinyal HP Lancar pada Rumah Beratap Baja Ringan yang Jauh dari BTS

Atap Baja Ringan
Atap Baja Ringan

Seperti dikutip dari laman Distinctive Metal Roofing, ada cara agar rumah beratap baja ringan tidak membuat HP susah sinyal. Khususnya pada handphone model terbaru yang dapat terhubung dengan Wi-Fi.

Sebab, Wi-Fi bergantung pada sinyal yang disediakan oleh layanan kabel atau satelit, ukuran dan konfigurasi rumah, serta kualitas serta pengaturan modem dan router di dalam bangunan.

Hal ini berarti penggunaan atap baja ringan tidak terlalu berpengaruh secara signifikan dengan kelancaran internet Wi-Fi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *