Menu Close

Cara Memotong Baja Ringan: Bolehkah Pakai Gerinda?

Cara Memotong Baja Ringan dengan Gerinda

Cara memotong baja ringan yang tepat penting untuk diterapkan, mengingat hal ini akan memengaruhi keakuratan dalam penghitungan kebutuhan material.

Selain itu, pemotongan yang benar juga akan menghindari timbulnya masalah lain. Misalnya seperti risiko karat pada baja ringan yang meningkat.

Terkait hal tersebut, salah satu hal yang membantu agar baja ringan terpotong dengan benar adalah alat yang digunakan. Di mana gunting baja ringan dan gerinda merupakan dua alat yang paling umum dipakai.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah, apakah boleh memotong baja ringan pakai gerinda? Mana alat potong baja ringan yang sebaiknya digunakan, gunting baja ringan atau gerinda?

Gunting Baja Ringan

Gunting Baja Ringan
Gunting Baja Ringan

Alat potong ini sering digunakan oleh aplikator dan pekerja konstruksi lainnya bukan hanya karena mudah dibawa. Gunting baja ringan juga memiliki kelebihan, seperti:

  • Harga terjangkau
  • Tidak berisik dan menciptakan ‘debu’ saat digunakan
  • Sisa bahan terbuang dapat diminimalisir
  • Risiko terjadinya karat dapat dihindari

Kendati demikian, alat potong ini juga memiliki kekurangan, seperti membutuhkan tenaga saat menggunakannya. Selain itu, kurangnya efisiensi terhadap waktu dan tenaga kerja saat penggunaan gunting baja ringan pada pekerjaan besar.

Baca juga: Mitos Baja Ringan yang Tidak Perlu Dipercayai Lagi, Ini Faktanya!

Gerinda

Gerinda juga merupakan alat pemotong baja ringan yang cukup populer di kalangan aplikator selain gunting baja ringan.

Sebab, dengan menggunakan alat ini, pemotongan jadi lebih cepat, rapi, serta tidak membutuhkan tenaga besar. Harga beli gerinda yang juga tidak terlalu tinggi, membuat pemakaiannya semakin digemari.

Namun di balik kelebihan tersebut, gerinda juga memiliki kekurangan yang menyertainya, di antaranya:

  • Menimbulkan suara berisik saat memotong baja ringan
  • Bahan terbuang sekitar 1mm untuk sekali proses pemotongan
  • Berisiko menimbulkan karat, sehingga umur baja ringan berkurang

***

Ternyata cara memotong baja ringan dengan benar bukan hanya terletak pada tekniknya, melainkan juga pada peralatan yang digunakan. Gunting baja ringan dan gerinda bisa digunakan untuk memotong, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya berkaitan dengan risiko timbulnya karat.

Guna mencegah karat pada baja ringan, sebaiknya pemotongan pada material tersebut menggunakan gunting baja ringan. Pastikan pula untuk menggunakan material yang coating Aluminium-Zinc sesuai keterangan, sehingga ketahanan karatnya lebih terjamin. Seperti baja ringan produksi PT Kepuh Kencana Arum yang telah menggunakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-SNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *