Menu Close

Ciptakan Ruang Tamu Minimalis yang Estetik dengan Bahan Metal

Konsep ruang tamu minimalis tampaknya semakin diminati, mengingat tipe arsitektur ini didasari oleh kesederhanaan.

Dari segi desain, interior minimalis dapat dikatakan sangat mengutamakan fungsi. Itulah mengapa, konsep ini biasanya menggunakan elemen yang minim dekorasi dan ornamen.

Meskipun demikian, keindahan dan kenyamanan di dalam ruangan yang merupakan bagian dari kehidupan sosial pemilik ini tetap perlu diperhatikan.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah trik menciptakan ruang tamu minimalis, terutama jika menggunakan bahan metal, tanpa mengurangi keindahannya.

Cara Pengaplikasian Bahan Metal untuk Ruang Tamu Minimalis

Bahan metal dapat mendukung tampilan minimalis pada interior. Material ini bisa digunakan untuk beberapa elemen, salah satunya adalah dinding.

Dinding berbahan metal tidak hanya memiliki tampilan modern serta mendukung terciptanya konsep ruangan minimalis. Elemen berbahan material ini pun memiliki keuntungan lain dalam menghemat waktu saat pemasangannya.

Tak harus menjadi struktur utama yang dapat menyangga bangunan atau partisi. Bahan metal pun bisa dimanfaatkan untuk ornamen dinding.

Agar dinding berbahan metal dapat menjadi bagian yang mendukung konsep ruang tamu minimalis, perhatikan tips berikut.

  • Pemilihan Warna

Umumnya, dinding rumah minimalis didominasi oleh warna putih atau pun abu-abu karena keduanya tampak bersih dan netral.

Ruang Tamu Minimalis
Dinding Metal Minimalis Earth Tone

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memilih warna coklat yang menjadi pelopor earth tone di tahun 2020. Begitu pula dengan warna lain seperti biru, maroon, hingga hijau tua bisa digunakan.

  • Penentuan Bentuk Dinding

Penggunaan dinding metal tidak harus pada bentuk ruangan persegi. Pengaplikasiannya pun bisa pada ruangan dengan bentuk melengkung.

Pilih dinding metal long span. Hal ini karena tipe ini elastis, sehingga mudah dibentuk dan tidak mudah patah.

Faktor Pendukung Konsep Minimalis pada Interior

Selain memperhatikan dinding, gaya minimalis pada ruang tamu akan lebih terasa ketika beberapa hal ini juga perlu diperhatikan.

  • Furniture

Pemilihan furniture, contohnya seperti sofa dala menghias ruang tamu minimalis perlu disesuaikan dengan luas dimensi ruangan.

Pilih sofa berukuran minimalis dan jangan pasang terlalu banyak kursi, terlebih untuk ruang dengan luas terbatas. Selain itu, pemilihan warna harus lebih kontras dari dinding.

  • Pencahayaan Ruangan

Tak hanya desain ruangan saja. Faktor pencahayaan pun perlu diperhatikan. Sebab, cahanya pun bisa memengaruhi kesan yang diciptakan oleh ruang tamu.

Misalnya, pencahayaan yang terlalu berlebihan akan memberikan kesan gerah. Terutama jika diaplikasikan pada dinding metal, cahaya akan mudah memantul dan menimbulkan kesan kurang nyaman. Sementara jika pencahayaan terlalu minim akan membuat mata mudah lelah.

***

Itulah beberapa tips untuk menciptakan ruang tamu minimalis dengan menggunakan bahan metal yang diaplikasikan pada dinding.

Selain desain, pemilihan material dinding metal pun perlu diprioritaskan. Selalu pastikan untuk memilih produk berkualitas dengan adanya jaminan label SNI atau pun garansi, seperti yang diproduksi oleh PT. Kepuh Kencana Arum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *