Menu Close

Uji Kompetensi Keahlian Konstruksi Kuda Kuda Baja Ringan 2021 Siswa Siswi SMKN 5 Surabaya Bekerja Sama dengan PT Kepuh Kencana Arum

Uji Kompetensi Keahlian di SMKN 5 Surabaya

Kebutuhan baja ringan untuk berbagai konstruksi bangunan dapat dikatakan semakin meningkat dalam beberapa tahun ini.

Karena beragam keunggulan yang dimilikinya, seperti tahan karat, lebih kokoh, hingga mudah dalam pemasangan, material tersebut menjadi pilihan masyarakat.

Bahkan, material dengan lapisan coating Aluminium, Seng, serta unsur lainnya ini mampu menggeser popularitas kayu yang sudah digunakan sejak dulu.

Namun sayangnya, sering kali untuk pemasangan baja ringan, tak sedikit yang menganggapnya sama saja seperti saat mengaplikasikan kayu untuk konstruksi bangunan.

Kebutuhan Baja Ringan
Uji Kompetensi Keahlian SMKN 5 Surabaya (dok. PT. Kepuh Kencana Arum)

Padahal, pemasangan kedua material tersebut tidak sama. Ketika mengaplikasikan baja ringan untuk konstruksi bangunan pun diperlukan penghitungan yang akurat. Baik itu terkait jarak kuda kuda, gording, dan reng (jika dipasang untuk atap), hingga banyaknya baut yang dibutuhkan.

Jika perhitungan dan pemasangannya dilakukan secara asal, hal ini akan meningkatkan risiko ambruknya bangunan.

Solusi untuk Meminimalisir Konstruksi Baja Ringan Ambruk

Uji Kompetensi Keahlian Baja Ringan
Instruktur PT. Kepuh Kencana Arum Memberi Penjelasan pada Siswa Siswi SMKN 5 Surabaya (dok. PT. Kepuh Kencana Arum)

Sadar akan pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemasangan baja ringan, SMKN 5 Surabaya  yang sudah lama menjalin  vokasi dengan  PT. Kepuh Kencana Arum selaku principal produk Baja Ringan,   mengadakan Uji Kompetensi Keahlian  konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan.

Pelatihan Pemasangan Baja Ringan
Penilaian Uji Kompetensi Siswa Siswi SMKN 5 Surabaya oleh PT. Kepuh Kencana Arum (dok. PT. Kepuh Kencana Arum)

Pada acara yang telah diadakan sejak tanggal 19 hingga 27 Mei 2021 tersebut,   tenaga ahli / instruktur  dari PT. Kepuh Kencana Arum berperan sebagai pemateri sekaligus pemberi nilai pada para siswa yang mengikuti uji kompetensi keahlian khususnya konkstrusi kuda kuda baja ringan.

Pentingnya Uji Kompetensi Keahlian

Kegiatan bertema “Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2021: Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan” ini tentu memberi dampak positif, baik bagi siswa maupun perusahaan baja ringan.

Uji Kompetensi Keahlian 2021
Pemberian Materi Instruktur dari PT. Kepuh Kencana Arum pada Siswa Siswi SMKN 5 Surabaya (dok. PT. Kepuh Kencana Arum)

Terlebih lagi setelah link dan match antara siswa dan industri baja ringan terjalin. Dimana ketika siswa lulus, diharapkan dapat mengaplikasikan kecakapan dalam membuat rangka baja ringan dengan baik dan benar.

***

Pada dasarnya, kegiatan seperti uji kompetensi keahlian dengan mendatangkan tenaga ahli dari PT. Kepuh Kencana Arum seperti yang telah dilakukan SMKN 5 Surabaya adalah langkah tepat dan merupakan tujuan dan pengaplikasian  perjanjian  vokasi  link and match antara SMKN 5 Surabaya dengan PT. Kepuh Kencana Arum.

Khususnya agar para siswa lebih terampil serta berkompeten dalam perakitan dan pemasangan baja ringan untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *