Menu Close

Bracing pada Konstruksi Baja Ringan untuk Atap Rumah, Seberapa Penting?

Proyek Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Istilah bracing pada konstruksi baja ringan, khususnya untuk atap rumah tentu tidak asing bagi mereka yang telah menggeluti bidang ini. Namun bagi sebagian orang, bracing masih cukup asing.

Pada dasarnya, bracing merupakan pengaku atau pengikat dari keseluruhan struktur atap baja ringan. Keberadaanya pun cukup penting.

Sebab meski kita tahu bahwa baja ringan memiliki komponen dasar baja bermutu tinggi, tanpa adanya bracing, kegagalan struktur dapat terjadi.

Pentingnya Bracing pada Konstruksi Baja Ringan

Sebagai komponen penting dari rumah, bukan hanya pemilihan material serta perhitungan kebutuhan rangka atap baja ringan saja yang perlu diperhatikan.

Keberadaan sistem pengaku pun harus ada. Karena seperti diketahui, material rangka atap baja ringan cukup tipis. Jadi, walaupun profil yang terbentuk kokoh dan kuat, namun pemasangan yang kurang tepat akan membuat struktur lemah.

Nah, di sinilah bracing diperlukan, sehingga seluruh struktur kuda kuda dapat menjalankan fungsinya sebagai satu sistem rangka atap.

Jenis Bracing

Bracing pada Konstruksi Baja Ringan
Jenis Bracing Baja Ringan (Sumber: KKA)

Guna mengikat keseluruhan struktur atap, ada beberapa jenis bracing yang sering diterapkan pada konstruksi baja ringan, yaitu:

  • Top Chord Bracing (Reng)

Sistem pengaku jenis ini adalah batang pengikat yang menempel pada top chord kuda kuda. Fungsinya adalah sebagai dudukan atap (penutup/genteng) sekaligus pengikat top chord antar kuda kuda.

  • Bottom Chord Bracing

Bracing ini berperan sebagai pengaku batang tarik yang letaknya terikat pada bottom chord di setiap kuda kuda dengan posisi lurus secara horizontal.

Adapun fungsi dari bottom chord bracing ini adalah sebagai pengaku batang tarik (bottom chord) antar kuda kuda atap baja ringan.

  • Diagonal Web Bracing

Bracing ini merupakan batang-batang pengaku web di setiap kuda kuda yang letaknya secara diagonal, yaitu dari top chord ke bottom chord.

Selain meneruskan gaya dari lateral tie, keberadaan diagonal web bracing akan memperkuat dan mendistribusikan beban (ikatan angin). Sehingga semua beban yang bekerja pada satu kuda kuda dapat saling mengikat dengan kuda kuda lainnya.

  • Lateral Tie

Jenis pengaku ini merupakan batang terikat pada web bagian tengah antar kuda kuda lurus secara horizontal. Singkatnya, fungsi lateral tie adalah sebagai pengaku web.

***

Pada intinya, keberadaan bracing pada konstruksi baja ringan, khususnya untuk atap sangat penting. Fungsinya sebagai pengikat agar kuda kuda dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap, akan membuat struktur atap lebih kokoh.

Ingin rangka atap lebih awet dan kuat menopang genteng? Tak hanya keberadaan bracing, pemilihan material yang berkualitas pun perlu diperhatikan. Seperti rangka atap produksi PT Kepuh Kencana Arum yang telah terjamin kualitasnya dan telah ber-SNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *