Menu Close

Apakah Merk Baja Ringan Terbaik Selalu Menjamin Atap Rumah Anti Ambruk?

Rangka Atap Baja Ringan

Merk baja ringan terbaik menjadi salah satu pertimbangan dalam suatu proyek pembangunan karena dinilai menjamin atap rumah tak mudah ambruk.

Namun, apakah memang benar hanya merk baja ringan yang menjadi satu-satunya penentu dari kekokohan atap bangunan?

Sebenarnya, bukan hanya merk yang menentukan. Ada beberapa faktor yang dapat membuat atap tidak mudah roboh seperti berikut.

  • Teknik Pemasangan

Tidak berdiri sendiri, rangka atap baja ringan merupakan satu sistem kesatuan yang tak terpisahkan. Satu bagian saja yang kurang tepat dalam pemasangannya, maka struktur lainnya ikut lemah dan berisiko roboh.

Agar tak terjadi kesalahan dalam pemasangan, pembuatan gambar kerja dan perhitungan kekuatan beban perlu dilakukan.

  • Kuda Kuda Baja Ringan

Ikut berperan dalam menopang atap (penutup), pemasangan kuda kuda baja ringan harus sesuai gambar kerja.

Tetapi, jarak pemasangan antar kuda kuda tergantung dari jenis atap (penutup) yang digunakan, beban lain yang ditopang atap, serta jarak bentangan. Semakin berat beban yang ditopang, seharusnya jarak kuda kuda semakin pendek.

  • Dudukan Kuda Kuda

Posisi bottom kuda kuda seharusnya menempel langsung pada ring balok untuk mencegah atap ambruk. Hal ini berarti tak perlu menggunakan dudukan saat memasang kuda kuda rangka atap baja ringan.

Sebab jika tetap menggunakan dudukan, kekuatan tekannya menjadi kurang seimbang. Semakin lama, hal ini akan memengaruhi konstruksi atap dan berisiko roboh.

  • Aplikator Baja Ringan

Tak sama seperti tukang yang memiliki kemampuan dalam proyek secara umum. Aplikator baja ringan adalah mereka yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam pemasangan rangka baja ringan.

Faktor ini juga penting untuk mencegah atap ambruk, selain pemakaian merk baja ringan terbaik. Karena berkaitan dengan keselamatan penghuni bangunan, pilih aplikator terpercaya dan telah memiliki sertifikat.

***

Pada dasarnya, memang merk baja ringan terbaik bukan satu-satunya faktor yang dapat menjamin atap tak mudah roboh.

Namun, pemilihan material yang berkualitas (dapat dicirikan dari merk yang sudah terkenal bagus) juga penting. Sebab, merk terbaik akan menggunakan material yang mutu serta kualiasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti produk baja ringan  PT Kepuh Kencana Arum (PT KKA) yang memiliki beberapa merk terbaik, yaitu KENCANA, VIVO Baja Ringan, Baja Ringan KEPUH, hingga KS Baja Ringan.

Menggunakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas dan telah ber-SNI, yaitu ZINIUM®, produk KKA akan membuat rangka atap lebih kokoh, awet, dan tampak baru lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *