Menu Close

Wujudkan Rumah Gaya Industrial dengan Rangka Atap dan Atap Ekspos Material Baja Lapis Aluminium Seng

Atap Ekspos

Atap ekspos bisa dibilang semakin diminati, terutama bagi mereka yang ingin menerapkan konsep industrial pada rumah atau bangunan lainnya.

Tanpa plafon (penutup) dan menampilkan struktur rangka atap dan atap secara langsung, membuat ide desain ini menarik dan unik.

Bahkan, keuntungan lain pun didapat ketika menerapkannya. Seperti bangunan terkesan lebih tinggi dan  luas, sirkulasi udara lancar, hemat anggaran karena tidak perlu membeli material plafon, dan pastinya mencegah plafon menjadi sarang tikus.

Dalam hal ini, baja ringan merupakan salah satu material yang dapat membantu untuk mewujudkan terciptanya konsep plafon ekspos.

Penerapan Rangka Atap Baja Ringan dan Atap Ekspos (Tanpa Penutup Plafon)

Dulu, mungkin hanya kayu satu-satunya bahan bangunan yang dapat digunakan untuk menciptakan langit-langit terekspos.

Namun, seiring dengan perkembangan dunia konstruksi, berbagai material yang dapat digunakan, termasuk baja ringan.

Baja Ringan Cremona Coklat
Rangka Baja Ringan Cremona dengan Atap Berwarna Coklat

Walaupun secara visual baja ringan terkadang dinilai lebih kaku dibandingkan dengan kayu, material ini akan membuat tampilan tetap estetik. Syaratnya adalah pemasangan yang rapi.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode cremona pada pemasangan rangka atap bangunan. Selanjutnya penggunaan jenis atap (penutup) gelombang dapat digunakan.

Agar tampilan lebih ­eye catching meski tanpa plafon, pilih jenis atap (penutup) berwarna. Alternatif lainnya yaitu mencari produsen yang memungkinkan untuk memenuhi permintaan atap metal berwarna.

Seperti PT Kepuh Kencana Arum (KKA) yang melayani permintaan konsumen terkait pilihan warna  pada pesanan atap sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Jenis Atap (Penutup) yang Cocok

Baja Ringan Cremona
Rangka Cremona dan Atap (Penutup) Berwarna Krem

Selain warna, pemilihan atap (penutup) berdasarkan tipenya pun perlu diperhatikan. Sebagai pertimbangan, pastikan terlebih dahulu, apakah jenis atap berbentang lebar atau tidak.

Jika jarak gording semakin jauh, produk atap (penutup) dengan jumlah lipatan lebih banyak seperti Ecospan yang diproduksi oleh KKA dapat dipilih.

Sebaliknya, apabila jarak gording lebih sempit, produk KR5, VR 800, Ecotrim,  yang juga diproduksi oleh KKA dapat menjadi pilihan tepat.

Produk tersebut diatas  sama-sama memiliki keunggulan,  karena menggunakan material berkualitas dari ZINIUM. Selain itu, keberadaan overlapping yang saling mengunci dapat mencegah risiko kebocoran.

***

Jadi bagaimana, tertarik untuk menerapkan atap ekspos untuk rumah atau bangunan? Tidak harus menggunakan kayu, baja ringan pun dapat dimanfaatkan.

Hanya saja, pemasangan rangka atap harus benar-benar rapi seperti dengan menerapkan metode cremona. Kemudian pemilihan jenis atap (penutup) juga harus dipertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *